6 Tips Agar Belajar Bisa Lebih Efektif

6 Tips Agar Belajar Bisa Lebih Efektif

Belajar sangat penting jika Kamu ingin berhasil di sekolah dan lulus ujian penting, meskipun kita semua sadar akan pentingnya belajar, terkadang sulit untuk menerapkan metode belajar yang efektif.

Ini adalah masalah global di kalangan siswa dan peserta tes. Nah, pada artikel ini akan diberikan 10 tips belajar bermanfaat yang dapat membantu Kamu mengembangkan dasar yang kuat untuk berkinerja baik dalam ujian Kamu.

Jauhkan ponsel Kamu saat belajar

Dari semua gangguan yang dihadapi siswa saat mencoba belajar, ponsel mungkin yang paling penting. Sementara SMS dan media sosial adalah bentuk komunikasi yang hebat, mereka tidak memiliki tempat di lingkungan belajar.

Salah satu strategi yang dapat Kamu coba adalah menyetel pengatur waktu di ponsel Kamu, setuju untuk tidak melihat ponsel Kamu selama periode waktu tertentu. Jadikan memeriksa ponsel Kamu sebagai hadiah untuk tetap fokus, daripada membiarkannya sering mengalihkan fokus Kamu dari materi yang Kamu pelajari.

Belajar dalam periode waktu yang dapat diatur

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum adalah bahwa Kamu memerlukan sesi belajar yang lama untuk membahas sejumlah besar materi. Ini sebenarnya merupakan penghalang bagi kemampuan otak Kamu untuk menyimpan informasi.

Yang terbaik adalah memisahkan studi Kamu menjadi sesi-sesi kecil 20-30 menit sehingga otak Kamu dapat mempertahankan proporsi yang lebih tinggi dari informasi yang disajikan.

Buat jadwal belajar yang konsisten

Untuk membantu otak Kamu mempersiapkan diri untuk menyimpan informasi, cobalah untuk mengatur waktu tertentu selama seminggu untuk studi tertentu. Jika Kamu memiliki jadwal belajar yang ditetapkan, otak Kamu akan mengenali polanya dan menjadi lebih mudah menerima informasi baru selama waktu belajar ini.

Sangat membantu untuk belajar dalam waktu 24 jam setelah mempelajari materi baru, karena penelitian menunjukkan bahwa jika seorang siswa merevisi apa yang mereka pelajari dari hari itu, mereka 60% lebih mungkin untuk mengingat informasi tersebut.

Mungkin ada periode waktu lain yang disarankan untuk belajar tepat sebelum tidur. Saat Kamu tidur, otak Kamu memperkuat dan mempertahankan ingatan baru. Untuk alasan ini, jika Kamu belajar tepat sebelum tidur, otak Kamu akan dengan mudah menyimpan informasi baru.

Tetapkan tujuan spesifik untuk setiap sesi belajar

Cara mudah untuk memastikan sesi belajar singkat Kamu tetap singkat dan efektif adalah dengan memiliki tujuan belajar yang spesifik. Daripada membebani otak Kamu dengan berbagai macam informasi, lebih baik fokus mempelajari konsep tertentu. Ini membantu meningkatkan retensi dan kepercayaan pada subjek tertentu. Penting juga untuk menghargai diri sendiri ketika Kamu menyelesaikan tujuan ini! Biarkan diri Kamu beristirahat, menghabiskan waktu bersama teman, atau menikmati camilan.

Tes Diri Kamu dengan Mengerjakan soal latihan

Jika Kamu dapat menemukan tes latihan tentang konsep atau tes tertentu yang Kamu pelajari, pastikan untuk memanfaatkannya. Kuis latihan adalah alat yang hebat untuk menyoroti konsep yang perlu Kamu fokuskan lebih banyak. Mengambil tes latihan juga menginspirasi kepercayaan pada subjek tes. Cari sumber tes latihan seperti Mometrix Academy atau Test Prep Review agar hari tes berhasil.

Jangan mendengarkan musik yang mengganggu saat belajar

Meskipun musik dapat menginspirasi perasaan tenang atau motivasi, musik juga dapat mengganggu. Meskipun beberapa jenis musik klasik telah terbukti membantu otak Kamu menyimpan informasi, musik ceria dengan lirik dapat mempersulit Kamu untuk fokus. Jadi, jika Kamu memilih untuk mendengarkan musik sambil belajar, cobalah untuk tetap berpegang pada musik instrumental.

Semoga tips ini membantu Kamu mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dan mendapatkan ujian berikutnya! Kamu akan kagum dengan manfaat yang diperoleh dari mengikuti metode sederhana ini. Semoga sukses dalam semua upaya akademis Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.