belajar matematika dengan cepat

Cara Cepat Belajar Matematika Di Sekolah Agar Mudah Dipahami

Matematika adalah salah satu pelajaran yang banyak tidak menyukainya, itu karena tingkat kesulitan yang mungkin membuat mereka ini membenci pelajaran Matematika.

Tapi, pada kenyataannya mapel matematika adalah mata pelajaran yang hampir semua orang butuhkan sampai tingkat tertentu. Bahkan jika kamu tidak menguasai matematika, mengetahui cara menghitung 15 persen dari tagihan sehingga bisa memberi tip kepada staf menunggu atau mengetahui cara memperkirakan pajak pertambahan nilai untuk pembelian di luar negeri adalah keterampilan penting untuk kehidupan sehari-hari.

Yang benar adalah, matematika memiliki aktor yang buruk itu tidak benar-benar layak. Fokus pada aritmatika cepat, menghafal, dan masalah abstrak membuat banyak orang merasa matematika itu membosankan atau bukan sesuatu yang mereka butuhkan sama sekali.

Memulai Belajar Matematika Dengan Cepat

Bagaimana cara terbaik untuk belajar matematika ketika Anda tidak memiliki banyak landasan dalam subjek? Meskipun jalur pasti yang Anda ambil sangat bergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk matematika, ada banyak tip dan saran berguna yang dapat menempatkan Anda di jalur yang benar.

Berikut ini beberapa hal yang mesti anda perhatikan untuk memulai mempelajari matematika :

Trik dan Tips Belajar Matematika dengan Mudah

Mengembangkan “rasa untuk angka” benar-benar tentang mempelajari serangkaian strategi untuk menangani operasi aritmatika. Selain dua poin yang disebutkan sebelumnya, ada banyak tips belajar matematika dengan mudah yang layak untuk dipelajari.

Misalnya, ekstensi dua langkah membantu Anda memecahkan masalah penjumlahan dengan menambahkan apa yang mudah terlebih dahulu lalu menambahkan sisanya. Jadi jika Anda memiliki 93 + 69, Anda dapat berjuang dengan metode standar (tambahkan 9 + 3, masukkan satu ke bidang “puluhan” dan seterusnya), atau perhatikan bahwa 93 + 7 = 100. Jadi ambil 7 dari 69 untuk meninggalkan 62, dan menambahkan 7 ke 93. Ini mengurangi masalah menjadi lebih mudah: 93 + 69 = 100 + 62 = 162. Anda juga dapat melakukan hal dasar yang sama dengan pengurangan.

Ada banyak tips lain seperti ini. Jika Anda memiliki soal perkalian yang sulit, seperti 45 x 28, asalkan salah satu bilangannya genap, Anda mungkin dapat menyederhanakannya dengan membagi bilangan genap dengan dua dan mengalikan bilangan lainnya dengan dua. Jadi Anda bisa menulis:

45 x 28 = 90 x 14

Masalah ini sedikit lebih mudah untuk diobati. Dengan sedikit pemahaman tentang angka, Anda dapat memecah perkalian ini menjadi beberapa bagian, dengan catatan:

90 x 14 = (90 x 10) + (90 x 4).

= 900 + 360

= 1,260

Dengan kata lain, 14 kelompok 90 sama dengan 10 kelompok 90 ditambah 4 kelompok 90. ​​Dengan memahami mur dan baut dari proses perkalian, Anda dapat menemukan cara untuk menyederhanakan dan memecahkan masalah yang tampaknya rumit. Ada banyak trik serupa seperti ini yang dapat Anda pelajari (lihat Sumberdaya), dan itu sangat berguna jika Anda memerlukan dasar dalam aritmatika cepat tanpa kalkulator.

Berinteraksi Dengan Topik

Anda lebih mungkin untuk belajar matematika dengan cepat jika Anda berinteraksi dengan topik dan menikmatinya sebanyak mungkin. Anda tidak perlu menunggu setiap video baru dari “Numberphile” atau menyelesaikan persamaan diferensial di waktu luang Anda, tetapi semakin Anda benar-benar menikmati topik tersebut alih-alih menganggapnya sebagai tugas, semakin baik. Ingin tahu ketika Anda mempelajari sesuatu yang aneh atau berlawanan dengan intuisi, gunakan perbandingan dan humor untuk membuat gagasan utama lebih jelas dan berpikir lebih hati-hati tentang konsep yang mendasari gagasan daripada hanya berfokus pada bagaimana menghitung sesuatu atau memecahkan masalah.

Bahkan, bisa lebih praktis untuk mencoba menghindari hal-hal utama yang membuat orang membenci matematika, daripada mencoba menikmatinya jika Anda belum menyukainya sebelumnya. Dr. Jo Boaler, profesor pendidikan matematika di Universitas Stanford, menulis bahwa fokus pada “matematika cepat”, menghafal dan menguji di bawah batasan waktu adalah hambatan utama yang dihadapi orang ketika mencoba belajar matematika.

Ini mungkin tidak terdengar seperti metode pembelajaran yang sangat cepat, tetapi belajar matematika dengan cepat berarti memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasarnya. Jika Anda memahami cara kerjanya, Anda akan secara intuitif memahami ide-ide baru dan melihat hubungan di antara mereka daripada hanya harus mengingat aliran fakta yang tampaknya tidak ada habisnya.

Mulai Pelajari dari Materi Dasar

Topik matematika yang lebih kompleks sangat bergantung pada topik yang lebih sederhana, jadi Anda harus mulai dari dasar – bahkan jika Anda merasa memiliki pemahaman yang baik tentangnya – sebelum Anda dapat melanjutkan ke sesuatu yang lebih kompleks.

Misalnya, jika Anda berharap untuk belajar kalkulus, Anda tidak akan cepat sampai kecuali Anda memiliki pemahaman yang baik tentang aljabar dasar dan beberapa trigonometri. Anda harus berjalan sebelum dapat berlari, dan saran dasar yang sama berlaku untuk belajar matematika.

Kembangkan Indera Angka Daripada Menghafal

Menghafal tabel perkalian kurang penting daripada mampu memecahkan masalah yang tidak dikenal dengan cara semi-sistematis. Misalnya, Anda mungkin telah mengingat bahwa 9 x 9 = 81, tetapi jika Anda berada dalam situasi yang sangat stres atau stres, mudah untuk melupakan fakta tersebut. Number Sense adalah tentang mampu menyelesaikan ini dari awal dengan cara yang sederhana.

Misalnya, mengalikan dengan 10 jauh lebih mudah, jadi Anda menghitungnya dengan menghitung 9 x 10 = 90 dan kemudian mengurangkan “9” ekstra yang Anda sertakan dalam perhitungan ini (karena Anda menghitung 10 kelompok berisi sembilan, bukan dari sembilan kelompok sembilan) menjadi dapatkan 81.

Dengan cara yang sama, menghadapi masalah seperti 13 x 8, yang mungkin tidak Anda ingat, Anda dapat mengerjakan dari 12 x 8 = 96 dan kemudian menambahkan delapan tambahan, atau Anda bahkan dapat mencatat bahwa 13 x 8 = 13 x 2 x 2 x 2, jadi menggandakan 13 tiga kali akan membawa Anda ke jawaban yang benar (dua kali 13 sama dengan 26, dua kali itu 52 dan dua kali itu 104).

Jenis strategi ini – dan yang serupa – akan membantu Anda dengan operasi aritmatika dasar lebih dari sekadar menghafal.

Punya Tujuan Dalam Pikiran

Jika Anda hanya membutuhkan beberapa keterampilan dasar seperti bekerja dengan desimal dan persentase, Anda tidak perlu mempercayakan diri Anda untuk belajar geometri atau bahkan trigonometri. Tetapi jika Anda berharap untuk mempelajari fisika, Anda harus memiliki latar belakang dalam banyak mata pelajaran lain, termasuk aljabar, kalkulus, vektor, dan banyak lagi.

Cara terbaik untuk belajar matematika dengan cepat adalah memilih jalur terpendek melalui mata pelajaran yang Anda butuhkan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Pastikan Anda mencakup semua dasar-dasarnya, tetapi jika Anda sedang terburu-buru, Anda dapat mengkhususkan diri setelahnya.

Melacak kosakata matematika

Kata-kata seperti modulus dan kuadrat muncul setiap saat saat belajar matematika, tetapi Anda harus memahami apa artinya sebenarnya untuk mencapai apa pun dengan bacaan Anda. Jika Anda sedang terburu-buru, saran terbaik adalah menulis definisi dan istilah kunci di buku catatan untuk referensi yang mudah.

Anda bisa menggunakan versi online, tetapi menulis definisi dengan kata-kata Anda sendiri membantu pembelajaran juga.

Pentingnya Mengerjakan Soal Latihan

Matematika adalah mata pelajaran yang aneh karena Anda biasanya belajar lebih cepat dengan melakukannya. Membaca buku dan melihat contoh sangat membantu, tetapi ini bukan pengganti untuk menjawab pertanyaan Anda sendiri. Jadi, jangan lewatkan pertanyaan latihan yang tercantum dalam buku Anda atau di situs web yang Anda gunakan: kerjakan dan jika Anda salah memahaminya, lihat apa yang Anda lakukan dan coba pahami mengapa Anda salah paham.

Kesalahan memang terjadi dalam matematika – jadi jangan berkecil hati – tetapi itu dapat menunjukkan kesenjangan dalam pengetahuan Anda, dan Anda harus mencoba memahami mengapa itu terjadi dan apa yang tidak sepenuhnya Anda pahami. Jika perlu, tinjau kembali bagian yang relevan dalam buku Anda sehingga Anda memahami kesalahan Anda.

Master Problem Solving

Masalah adalah bagian penting dari matematika, dan mempelajari beberapa strategi untuk menyelesaikannya dapat membantu Anda menavigasi sebagian besar situasi. Saran dasar ketika memecahkan masalah adalah untuk fokus pada apa yang Anda telah diberitahu (yaitu apa yang Anda ketahui), informasi yang Anda butuhkan dan apa yang harus dicari untuk menemukan di akhir masalah.

Mengekstrak potongan informasi penting ini dari pertanyaan sering kali mengarahkan Anda ke arah yang benar dalam hal persamaan yang akan digunakan atau pendekatan yang komprehensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.